Selamat Datang di Website Gerakan Mahasiswa Pemuda Indonesia (GMPI) Korda Sulawesi Utara
 

Senin, Februari 13, 2012

GMPI Korcab Manado Apresiasi Sikap Kritis Sejumlah Dosen Unsrat

0 komentar
MANADO, TRIBUN - Gencarnya pemberitaan media atas sejumlah permasalahan yang terjadi di Universitas Sam Ratulangi Manado belakangan ini. Terlebih lagi soal konflik antara Rektor Unsrat Prof DR Donald Rumokoy SH MH dengan sejumlah dosen di fakultas hukum, menjadi perhatian berbagai kalangan, diantaranya Gerakan Mahasiswa Pemuda Indonesia (GMPI) Korcab Manado.

Melalui Ketua Bidang Organisasi, Renz Totomo, GMPI Korcab Manado menyatakan keprihatinannya atas persoalan yang terjadi di Unsrat belakangan ini, sekaligus memberi apresiasi terhadap sikap kritis sejumlah dosen yang belakangan ini gencar mengkritik kebijakan-kebijakan rektor.

Menurut Totomo, persoalan Diskriminasi dan Kesewenang-wenangan birokrasi kampus tidak hanya menimpah para dosen saja, namun paling parah justru terhadap mahasiswa. Akibatnya mahasiswa jadi apatis dan masa bodoh, sehingga sebagian besar hanya menjalani proses perkuliahan sebagai suatu rutinitas tanpa makna dan tujuan. "Mahasiswa jadi apatis dan masah bodoh karena kreativitas dan imajinatifnya dibungkam oleh birokrat kampus," ujar Totomo yang juga tercatat sebagai mahasiswa Unsrat itu.

Ditambahkanya, bahwa sikap kritis sejumlah aktivis mahasiswa yang coba memberi masukan untuk perbaikan sistem yang keliru, dinilai sebagai ancaman dan bukan masukan sara perbaikan sistem yang jalas-jelas sudah melenceng dan merugikan mahasiswa sebagai stake holder utama di kampus. Ancaman sanksi skorsing seperti yang dialami sejumlah mahasiswa FISIP Unsrat jadi contoh arogansi rektor dan bagian strategi rektor membungkam suara mahasiswa. "Banyak mahasiswa jadi takut di skorsing. Padahal dalam hati, sebagian besar mahasiswa sudah tidak senang dengan kebijakan rektor karena dinilai memberatkan mahasiswa," tandasnya.

Ia sangat mengapresiasi sikap kritis para dosennya yang ada difakultas hukum itu. Karena selain memperjuangkan nasib dosen-dosen itu, sikap kritis para dosen dengan sendirinya ikut membantu perjuangannya guna memperbaiki sistem yang dinilainya telah melenceng itu. "Kami sangat mengapresiasi sikap kritis para dosen, karena bisa memicu semangat mahasiswa," ujarnya kepada Tribun Manado baru-baru ini.

0 komentar:

 
GMPI KORDA SULUT © CopyRight2011 GMPI KORDA SULUT Website Design. oleh Andre Sulung