Selamat Datang di Website Gerakan Mahasiswa Pemuda Indonesia (GMPI) Korda Sulawesi Utara
 

Rabu, Februari 01, 2012

Pemko Bitung Anggarkan Rp 31 M Pembangunan Jalan di Lembeh Utara dan Selatan

0 komentar

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG ‑ Hampir sebagain besar ruas jalan yang ada di Kecamatan Lembeh Utara dan Selatan di Kota Bitung sangat memprihatinkan keberadaannya. Selain menjadi sarana lalu lalang kendaraan, Jalan ini menjadi akses penghubung antara kelurahan satu dengan lainnya.

Menurut Luter Lorameng tokoh masyarakat setempat pemerintah pusat harus segera melakukan perbaikan terhadap kondisi jalan yang dibagi dalam 2 paket. "Pertama dari paket 1 dari Kelurahan Papusungan ke Kelurahan Nusu, paket 2 Kelurahan Papusungan ke Kelurahan Pancurang harus di hot mix," kata Luter, Selasa (31/1/2012). 

Menurutnya keinginan warga untuk meminta pemerintah memperbaiki jalan tersebut sangat berasalan, selain kondisinya yang rusak parah jalan tersebut sudah bertahun‑tahun tidak diperbaiki. "Sudah sekitar 8 tahun jalannya rusak," tambahnya. 

Digambarkannya keberadaan jalan tersebut hanya bisa dilalui oleh motor saja, itu pun saat keadaan cuaca tidak hujan atau musin panas. "Kalau musim hujan sama sekali tidak bisa, sedangkan mobil yang melintas nanti dipaksakan baru bisa masuk. Itupun sangat sulit melaluinya," tuturnya. 

Masyarakat setempat hanya bisa melakukan perbaikan dengan material yang diambil dari laut, karena harga material yang dibeli di luar pulau harganya menjadi berbeda saat tiba di pulau. "Contoh pasir 1 kubik, beli dikota hanya Rp 300 ribu sampai di pulau Lembeh sudah mencapai Rp 1 juta ditambah dengan onkos bayar buruh, sewa kapal dan lainnya," kata dia. 

Terpisah Wakil Walikota Bitung Max J Lomban, mengatakan Pemko Bitung telah mengalokasikan puluhan miliar dari anggaran pembangunan dalam ABPD untuk perbaikan jalan yang ada di Pulaui Lembeh.

"Kami telah menyiapkan dana sejumlah Rp 31 miliar untuk pembangunan jalan di dua kecamtan Lembeh Utara dan Selatan," kata Lomban, Selasa (31/1/2012).

Untuk itulah, ia bermohon kepada seluruh masyarakat agar menopang dan membantu suksesnya pembangunan jalan ini, sehingga bisa cepat selesai dan cepat dinikmati masyarakat.
"Rencanannya pengerjaan perbaikan jalan akan dimulai pada bula Maret mendatang," janjinya.

Pembangunan jalan tersebut sudah termasuk ibu kota Kecamatan Lembeh Utara, pintu kota dimana jalan, dan gang yang ada akan di aspal, namun yang berada dikelurahan lain mohon maaf akan dilewati. "Secara bertahap akan dikerjakan berikut," tambahnya.

Dijelaskannya dana Rp 31 m ini mudah‑mudahan bisa maksimal penggunaannya untuk pembagunan di dua kecamatan yang ada di pulau Lembeh. "Dari kecamatan Lembeh Utara ke arah timur, Kecamatan Lembeh Selatan ke arah timur dan barat serentak akan dilaksanakan," ucapnya. 

Menurut Lomban proses pengerjaan pembangunan jalan tersebut akan terhambat jika ada warga yang tidak merelakan tanahnya tidak bisa dipergunakan untuk pelebaran jalan. "Untuk itu lurah dan pelaksana agar memfasilitasi itu agar dalam pengerjaannya tidak yang menghambat, beri tau masyarakat  kalau ini semau untuk kepentingan masyarakat," katanya.

Sepajang sejarah pulau Lembeh, baru kali ini memperoleh alokasi dana yang besar untuk pembangunan jalan. "Baru tahun ini dari 50an tahun yang lalu, dialokasi untuk pembangunan Rp 31 m lebih untuk dua kecataman Lembeh Selatan dan Utara," urainya. 

Selain keluhan dari masyarakat dan tokoh masyarakat yang meminta jalan ini diperbaiki, kata Lomban ini juga berdasarkan survey lapangan yang dilakukan pihkanya beberapa waktu yang lalu bersama dengan perangkat pemerintah kota dan dua kecamatan tersebut dengan menggunakan motor Okrober 2011.

"Kami melakukan survey dengan menggunakan 80 motor jalan dari Papusungan ke arah pasir panjang, pancurang, gunung woka, turun di posokan, moto, naik ke nusu, lirang, balik ke nusu, lewat diatas kareko, batu riri, pintu kota sampai keluar ke papusungan," tandasnya. (crz)

0 komentar:

 
GMPI KORDA SULUT © CopyRight2011 GMPI KORDA SULUT Website Design. oleh Andre Sulung